MENGENAL KOMPONEN MESIN FOTOCOPY

Oleh : Nur Yakin

Jika pada sebelumnya penulis membahas tentang Mengenal Usaha Jasa Fotocopy dan Teknik memfotocopy Buku dengan Hasil yang Bagus, maka kali ini penulis akan mengenalkan tentang memahami komponen-komponen dasar Fotocopy.

Sebagai seseorang yang menggeluti dunia perfotocopyan, maka secara dasar harus mampu memahami komponen-komponen penting mesin fotocopy agar nantinya mampu menganalisis, jika terjadi error pada mesinnya.

Dalam hal ini penulis mencoba mengenalkan komponen-komponen besar yang ada di mesin fotocopy, kenapa komponen yang besar? Karena komponen yang akan penulis bahas adalah komponen dengan harga yang cukup tinggi.

Sehingga nantinya para pegiat usaha fotocopy ataupun sebagai operator bisa berhati-hati agar tidak terjadi kerusakan kepada komponen-komponen tersebut.

Berikut beberapa komponen yang penting untuk dipahami para pegiat jasa fotocopy :

• Mainboard
Mainboard merupakan komponen paling utama dalam berbagai alat cetak ataupun komputer, demikian pula pada mesin fotocopy, karena Mainboard berfungsi sebagai otak atau pengendali terhadap berbagai komponen yang lainnya.

Maka keberadaan Mainboard tentu merupakan salah satu komponen yang harus selalu diperhatikan perawatannya, karena jika terjadi kerusakan pada bagian komponen ini akan memakan biaya yang cukup tinggi.

Untuk itu bagi para pegiat jasa fotocopy harus mengerti detail terkait apa saja yang bisa menyebabkan Mainboard terancam rusak ataupun mengalami error agar tidak mengganggu usahanya.


• Drum
Drum adalah salah satu komponen mesin fotocopy yang sangat penting, dimana cara kerja drum tersebut ialah sebagai pencetak gambar yang dipantulkan kepada proyeksi yang diciptakan pada komponen mesin lainnya.

Di dalam drum memiliki beberapa komponen pula, seperti cleaning blade dan corona yang membantunya bekerja memantulkan gambar, selain itu drum merupakan komponen utama yang memastikan kualitas hasil duplikasi yang dilakukan.

Maka dari itu, perlu perawatan yang baik dan penuh hati-hati, karena permukaan drum tidak boleh tergores sama sekali, karena jika tergores maka akan berakibat pada hasil bercak di dokomen yang dicetak, selain itu harga drum tersebut juga terkesan sangat mahal, yaitu kisaran 6 sampai dengan 8 juta rupiah.

• Power supply
Power supply adalah salah satu konponen mesin fotocopy yang berfungsi sebagai penyuplay daya listirik kedalam mesin fotocopy, sehingga stabilitas teganganpun ditentukan oleh power supply tersebut.

Mengingat kebutuhan mesin fotocopy yang cukup besar dalam kebutuhan suplay daya listrik, maka kondisi Power supply harus senantiasa dicek agar tetap menyuplay daya dengan setabil, karena jika daya listrik tidak stabil, maka akan berakibat pada pelemahan terhadap elektronik yang lain.


• Developing
Developing memiliki fungsi sebagai penampung tinta atau toner sebelum kemudian disuplay ke drum mesin fotocopy untuk memantulkan gambar dalam proses hasil fotocopy.

Komponen ini sejatinya sangat penting dari beberapa komponen yang lain, karena developing juga berpengaruh terhadap hasil fotocopy, misalnya terkait tajam dan tidaknya hasil fotocopy dan antara tebal dan tidak x gambar yang dihasilkan.

Letak developing berada disamping drum atau tepatnya di atas kaset kertas dari samping bagian atas. Developing sebagaimana diatas perlu dijaga agar tidak membawa isi staples atau benda kasar lainnya, karena jika sampai terjadi demikian, maka akan merusak drum mesin fotocopy.

• Heater
Komponen yang satu ini adalah komponen inti yang memiliki bagian komponen yang sangat banyak, dimana letak komponen heater biasanya disebut sebagai unit 1 yang di dalamnya ada seperti corona bawah, upper, lower, claw, rool, termistor dan bagian sub yang lain.

Fungsi dasar dari komponen heater ini untuk mempres hasil fotocopy agar tidak luntur atau tidak blobor, sehingga komponen ini sering menjadi pusat error mesin fotocopy.

Untuk itu perlu kemudian memahami secara detail yang mungkin akan dibahas oleh penulis di konten yang berbeda pada kesempatan mendatang, misalnya mengerti tentang fungsi sub komponen sebagaimana yang telah disinggung di atas.

• Automatic Document Feeder (ADF)
Automatic Document Feeder atau ADF terletak dibagian paling atas pada mesin fotocopy, dimana komponen tersebut berfungsi sebagai penutup kaca scan fotocopy, namun fungsi yang lebih mendasar adalah untuk melakukan fotocopy secara otomatis.

Yaitu dengan meletakkan dokomen yang akan difotocopy pada ADF dan ketika dipencet tombol start maka akan secara otomatis melakukan proses scan otomatis sesuai dengan setting yang direncanakan.

• Lampu scanner
Lampu scanner adalah komponen mesin fotocopy yang berfungsi untuk melakukan proses scan dengan memancarkan sinar di permukaan kaca scan, dimana komponen tersebut terletak persis di bawah kaca scan.

Biasanya lampu scanner selalu hidup ketika menghidupkan mesin atau saat melakukan proses scan, dimana hal tersebut berfungsi untuk merekam gambar sebelum kemudian di pantulkan ke drum mesin fotocopy.

Untuk itu, sebagai dasar memahami komponen-komponen mesin fotocopy perlu peraktek langsung untuk mengetahui lebih mendetail terkait fungsi dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu sama lain.

Demikian pembahasan tentang komponen dasar mesin fotocopy.

Semoga bermanfaat.....!